Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kedaton

  • Anggraini Nanda Dian Lesmana Universitas Lampung
  • Bambang Utoyo Universitas Lampung
  • Nana Mulyana Universitas Lampung

Abstract

Pandangan balanced Scorecard pada organisasi terdiri dari empat perspektif; perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Balanced Scorecard menampilkan serangkaian tujuan, melebihi kinerja keuangan. Pimpinan organisasi dapat mengukur besar upaya yang mereka lakukan, sehingga dapat menciptakan nilai bagi pelanggan atau orang orang di masa sekarang dan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama kedaton dengan menggunakan balanced scorecard  dan merupakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif dengan presentase. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan laporan penerimaan pajak dengan populasi dan sampel adalah pegawai dan wajib pajak. Hasil dari penelitian ini berguna sebagai informasi bagi organisasi untuk menilai dan memperbaiki kinerja yang sudah ada dan di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-21
How to Cite
Lesmana, A. N., Utoyo, B., & Mulyana, N. (2022). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kedaton. Jurnal Administrativa, 4(2), 269-282. https://doi.org/10.23960/administrativa.v4i2.181