RESPONSIVITAS PELAYANAN PT. JASA RAHARJA DALAM PENANGANAN KORBAN KECELAKAAN PENUMPANG ANGKUTAN UMUM DAN KECELAKAAN LALULINTAS (STUDI PADA PT. JASA RAHARJA KOTA BOGOR)

  • Andre Julian Mulia Universitas Lampung
  • Yulianto Yulianto
  • Vina Karmilasari

Abstract

PT. Jasa Raharja merupakan perusahan BUMN yang bergerak dibidang asuransi sosial berdasarkan Undang-undang No. 33 tahun 1964 jo. PP No.17 tahun 1965 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang, UU No. 34 tahun 1964 jo. PP No. 18 tahun 1965 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Meningkatnya pengguna lalu lintas menjadi penyebab meningkatnya jumlah korban kecelakaan lalu lintas. Tingginya tingkat kecelakaan yang terjadi di daerah Bogor maka pelayanan Jasa Raharja sangat dibutuhkan, adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui responsivitas PT. Jasa Raharja Dalam Penanganan Korban Kecelakaan Penumpang Angkutan Umum Dan Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil peneliian ini menunjukkan bahwa responsivitas pelayanan public PT. Jasa Raharja dalam pengurusan dana asuransi kecelakaan sudah berjalan dengan baik. Ini dapat dilihat dari kelima indikator yang peneliti gunakan sebagai acuan penelitian yaitu, pertama respon perugas / aparatur dalam merespon korban maupun keluraga korban dalam mengeklaim asuransi dinilai sudah baik dan masyarakat memberikan respon posotif kepada pelayanan yang diberikan oleh PT. Jasa Raharja Kota Bogor, kedua pada indikator kecepatan melayani, petugas/ aparatur PT. Jasa Raharja Kota Bogor melayani cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mengurus asuransi kecelakaan, ketiga indikator ketepatan melayani petugas/aparatur PT. Jasa Raharja Kota Bogor telah melayani dengan tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan SOP yang sudah ada, Keempat indikator ketepatan waktu petugas/apparat PT. Jasa Raharja Kota Bogor memberikan pelayanan  dengan tepat waktu sesuai  dengan waktu yang telah di tentukan, kelima petugas/aparatur menerima keluhan dari masyarakat dan mengevaluasi untuk meningkatan pelyanan yang diberikan oleh PT. Jasa Raharja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-21
How to Cite
Mulia, A., Yulianto, Y., & Karmilasari, V. (2025). RESPONSIVITAS PELAYANAN PT. JASA RAHARJA DALAM PENANGANAN KORBAN KECELAKAAN PENUMPANG ANGKUTAN UMUM DAN KECELAKAAN LALULINTAS (STUDI PADA PT. JASA RAHARJA KOTA BOGOR). Jurnal Administrativa, 7(1), 16-41. https://doi.org/10.23960/administrativa.v7i1.242

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2