Sistem Kebijakan Penanganan Anak Putus Sekolah di Kota Palembang (Studi Pada Sekolah Filial ANJAL dan APS)

  • Anggun Trytami Universitas Lampung
  • Intan Fitri Meutia Universitas Lampung
  • Vina Karmilasari Universitas Lampung

Abstract

Upaya penanganan fenomena anak putus sekolah di Kota Palembang salah satunya melalui Program Sekolah Filial ANJAL dan APS. Sekolah Filial ANJAL dan APS adalah sebuah program kebijakan Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan yang bertujuan untuk mewujudkan Palembang zero anak putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem kebijakan penanganan anak putus sekolah di Kota Palembang melalui pelaksanaan Sekolah Filial ANJAL dan APS pada tahun 2020 yang diselenggarakan di SD Negeri 238 Palembang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systemic Educational Policy oleh William H. Clune (1993), yang terdiri dari perencanaan sekolah, kolaborasi guru, dan restrukturisasi. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap informan yang terlibat langsung dalam kegiatan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sitem yang ada pada Program Sekolah Filial ANJAL dan APS yang dilaksanakan di SD Negeri 238 Palembang telah berjalan dengan baik dikarenakan indikator-indikator yang ada dalam pelaksanaan program telah terpenuhi dan berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-21
How to Cite
Trytami, A., Meutia, I., & Karmilasari, V. (2022). Sistem Kebijakan Penanganan Anak Putus Sekolah di Kota Palembang (Studi Pada Sekolah Filial ANJAL dan APS). Jurnal Administrativa, 4(2), 283-295. https://doi.org/10.23960/administrativa.v4i2.182

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>