Evaluasi Context Program Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Bandar Lampung

  • Amanda Bella Puspita
  • Meiliyana Meiliyana
  • Anisa Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks implementasi Program Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Bandar Lampung. Program KIA merupakan kebijakan nasional yang ditujukan untuk memberikan identitas resmi kepada anak-anak di bawah usia 17 tahun. Program ini diharapkan dapat mendukung pendataan kependudukan, meningkatkan perlindungan anak, serta mempermudah akses anak terhadap berbagai pelayanan publik. Namun, hingga tahun 2024, capaian kepemilikan KIA di Kota Bandar Lampung baru mencapai 68,8%, masih berada di bawah target nasional sebesar 75%. Selain itu, manfaat dari program ini belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam hal pemanfaatan KIA untuk berbagai keperluan administratif dan pelayanan publik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Fokus utama diarahkan pada aspek context dalam model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1966). Aspek ini digunakan untuk menilai sejauh mana program dirancang berdasarkan kebutuhan nyata masyarakat dan relevan dengan kondisi lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program belum dilakukan secara komprehensif, urgensi dan manfaat KIA belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat, serta tujuan program belum seluruhnya mencerminkan kebutuhan anak-anak di tingkat lokal. Temuan ini menunjukkan bahwa konteks merupakan aspek krusial yang perlu diperbaiki untuk mendukung keberhasilan program KIA di Kota Bandar Lampung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-27
How to Cite
Puspita, A., Meiliyana, M., & Utami, A. (2025). Evaluasi Context Program Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Bandar Lampung. Jurnal Administrativa, 7(1), 89-96. https://doi.org/10.23960/administrativa.v7i1.328

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>