Inovasi Pelayanan Smart Sim Melalui Program Fifo (First In First Out) di Polresta Bandar Lampung

  • Muhammad Fadil Universitas Lampung
  • Devi Yulianti Universitas Lampung
  • Ita Prihantika Universitas Lampung

Abstract

Perkembangan zaman di era reformasi berbagai bentuk pelayanan publik diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam menerima pelayanan publik yang disediakan oleh para penyelenggara pelayanan publik yang perlu berorientasi terhadap nilai keadilan dan tanpa membedakan-bedakan penerima pelayanan baik dari strata sosial dan aspek lainnya. Kepolisian merupakan lembaga negara yang bertugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga memberikan perlindungan terhadap hak – hak yang dimiliki oleh setiap warga negara. Polresta Bandar Lampung yang merupakan kepolisian resort kota dalam pelayanan pembuatan Smart Sim dituntut agar lebih profesional, prosedural  dan transparan. Untuk mewujudkan hal tersebut diluncurkan sebuah program yang dikenal dengan FIFO (First In dan First Out) yaitu sistem pelayanan berbasis teknologi sehingga pelayanan sesuai dengan nomor urut yang diambil dari alat antri FIFO merupakan inovasi yang ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang datang ke Polresta Bandar Lampung khususnya para pembuat SIM dengan peningkatan fasilitas pelayanan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian memberikan hasil bahwa perwujudan nilai dari sisi keadilan tersebut diwujudkan melalui tersedianya mesin penomor antrian yang secara otomatis dapat meminimalisir terjadinya antrian yang panjang dan ketidakadilan dalam sisi penomor urutan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-21
How to Cite
Fadil, M., Yulianti, D., & Prihantika, I. (2022). Inovasi Pelayanan Smart Sim Melalui Program Fifo (First In First Out) di Polresta Bandar Lampung. Jurnal Administrativa, 4(2), 245-258. https://doi.org/10.23960/administrativa.v4i2.179

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>