Komunikasi Stakeholder dalam Revitalisasi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Lampung Utara (Studi Kasus Wisata Way Tebabeng)

  • A. Fachrezi Adisa Universitas Lampung
  • Rahayu Sulistiowati Universitas Lampung
  • Susana Indriyati Caturiani Universitas Lampung

Abstract

Salah satu destinasi wisata yang sedang diangkat kembali oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara adalah Wisata Way Tebabeng yang sebelumnya mengalami degradasi, saat ini pemerintah setempat sudah mulai merevitalisasi untuk dijadikan wisata unggulan Namun dalam rencana menjadikan Wisata Way Tebabeng sebagai salah satu target PAD tidak mudah, karena sampai saat ini masih terhalang berbagai kendala infrastruktur jalan yang harus diperbaiki, belum adanya pembinaan POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana komunikasi antar stakeholder dalam revitalisasi Wisata Way Tebabeng. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa komunikasi stakeholder belum optimal hal ini dilihat pada komunikasi sudah terbangun namun masih bersifat satu arah dan komunikasi terputus pada beberapa stakeholder.

One of the tourist destinations that is being re-appointed by the Regional Government of North Lampung Regency is Way Tebabeng Tourism which previously experienced degradation, currently the local government has started to revitalize it to become a leading tourist attraction. Until now, there are still obstacles in the way of road infrastructure that must be repaired, there is no POKDARWIS (Tourism Awareness Group) development. The purpose of this study is to describe how the communication between stakeholders in the revitalization of Way Tebabeng Tourism. The type of research used in this research is descriptive research type with a qualitative approach. Data collection techniques in the form of interviews, observations, and documentation. The results of the study found that stakeholder communication was not optimal, this was seen in the communication that had been built but was still one-way and communication was interrupted for several stakeholders.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-07
How to Cite
Adisa, A., Sulistiowati, R., & Caturiani, S. (2023). Komunikasi Stakeholder dalam Revitalisasi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Lampung Utara (Studi Kasus Wisata Way Tebabeng). Jurnal Administrativa, 5(2), 107-115. https://doi.org/10.23960/administrativa.v5i2.183

Most read articles by the same author(s)