Kapasitas Visi-Misi Dewan Pendidikan Kota Metro
Abstract
Dewan Pendidikan Kota Metro (DPKM) menjadi bagian penting dari Kota Metro yang bervisi Kota Pendidikan. Adapun kapasitas kelembagaan DPKM masih kurang kuat sehingga kurang optimal untuk berperan dalam pencapaian visi Kota Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas visi-misi DPKM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana pemilihan informan secara sengaja (purposive sampling). Adapun teknik pengumpumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teknis, rumusan visi-misi DPKM masih mengandung kekurangjelasan, serta kurang merepresentasikan peran pertimbangan dan peran pengawasan yang dimiliki DPKM. Partisipasi eksternal juga masih lemah dalam penyusunan visi organisasi, bahkan muncul peran dominan dari individu tertentu yang menutupi eksistensi sistem.