Inovasi Pelayanan Kesehatan melalui Sistem Basis Data Kependudukan Jaminan Kesehatan (SIBADAKJASA) di Kota Bandar Lampung

  • Angela Gabriela Situmorang Universitas Lampung
  • Devi Yulianti Universitas Lampung
  • Dodi Faedlulloh Universitas Lampung
Keywords: Inovasi, Sibadakjasa, Sistem, Tipologi

Abstract

Menghadirkan inovasi pada pelaksanaan pelayanan publik merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh dalam mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan. Sebagai suatu kegiatan yang memuat nilai kebaharuan, inovasi dapat menjadi solusi untuk permasalahan maupun stagnansi yang ditemukan dalam pelaksanaan pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis SIBADAKJASA yang merupakan inovasi lanjutan dalam pelaksanaan program pelayanan kesehatan gratis (P2KM) di Kota Bandar Lampung. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yakni menganalisis SIBADAKJASA sebagai sebuah sistem yang terdiri dari tiga bagian dasar yakni input, proses dan output serta menentukan tipologi inovasi pada SIBADAKJASA. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder yang mana pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan inovasi yang dilakukan melalui SIBADAKJASA telah berhasil menjadi solusi atas permasalahan yang ditemukan pada pelaksanaan P2KM namun kegiatan inovasi yang dilaksanakan belum maksimal dibuktikan hingga saat ini belum terdapat perkembangan yang signifikan pada pelaksanaan dan pemanfaatan SIBADAKJASA sebagai sebuah inovasi, adapun tipologi atau kecenderungan klasifikasi inovasi pada SIBADAKJASA yakni inovasi manajemen

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-05
How to Cite
Situmorang, A., Yulianti, D., & Faedlulloh, D. (2022). Inovasi Pelayanan Kesehatan melalui Sistem Basis Data Kependudukan Jaminan Kesehatan (SIBADAKJASA) di Kota Bandar Lampung. Jurnal Administrativa, 3(3), 231-251. https://doi.org/10.23960/administrativa.v3i3.97